Selasa, 09 April 2019

Contoh seni rupa

Seni lukis

Image result for Seni lukis


   Seni lukis hingga hari ini menjadi salah satu gambaran dari seni rupa murni yang peminatnya masih sangat banyak. Seni lukis biasanya menggunakan media kanvas. Bentuk dari seni ini memang memiliki daya pikat tersendiri bagi orang-orang yang melihatnya.

   Karena itu, tidaklah mengherankan jika hingga hari ini seni lukis masih banyak sekali peminatnya bahkan hingga muncul berbagai penelitian dan kajian tentang seni lukis terdahulu.
   Di antara buah karya seni lukis zaman lampau yang hingga hari ini masih diteliti adalah yang diciptakan oleh Leonardo Davinci yang menciptakan sebuah lukisan Monalisa. Selain itu, masih banyak seni lukis lain yang bisa dijadikan sebagai contoh.


Seni grafis

Related image



Contoh selanjutnya dari seni rupa murni adalah seni grafis. Seni jenis ini masuk ke dalam kategori seni dua dimensi dengan media utama berupa kertas. Adapun teknik pembuatannya adalah dengan cetak atau printing. Di era saat ini, jenis seni ini masih banyak diminati dan senantiasa dikembangkan.

Dulunya, jenis seni ini masih dibuat dengan memakai cara manual. Yakni dengan memakai tangan. Namun, di jaman saat ini sudah menggunakan mesin printing yang lebih praktis dan mudah.

Seni fotografi

Image result for Seni fotografi
Seni fotografi sendiri adalah salah satu bentuk karya seni yang memakai suatu alat bantu khusus berupa sebuah kamera. Tujuannya adalah sebagai upaya mengabadikan momen yang berharga.
Adapun hasil dari fotografi ini adalah sebuah hasil foto. Untuk seni fotografi ini, terdapat aspek utama yang digunakan, yakni berupa pengaturan dari cahaya dengan memakai sebuah alat bantu berwujud kamera. Dan dikarenakan banyaknya orang yang menyukai seni ini, maka seringkali diadakan agenda lomba seni fotografi.

Seni koreografi





Related image

Seni koreografi juga termasuk ke dalam bentuk seni rupa murni. Yang dimaksud dengan seni koreografi sendiri adalah sebuah seni yang di dalamnya bertujuan untuk menciptakan atau bisa juga mengubah jenis tarian menjadi sebuah gerakan utuh yang sangat menarik dan menyenangkan banyak orang.

Seni kaligrafi





Image result for Seni kaligrafi

Selanjutnya adalah seni kaligrafi yang menjadi salah satu akulturasi penulisan yang bagus menggunakan ayat-ayat suci Al-Qur’an yang menjadi kitab suci umat Islam. Ada banyak macam dari seni kaligrafi ini. Umumnya digunakan untuk kepentingan menghias masjid atau tempat ibadah serta rumah-rumah, sekolah dan lain sebagainya.

Seni pahat

Image result for Seni pahat

Adapun seni pahat merupakan salah satu jenis seni yang menjadi cabang dari seni rupa murni. Untuk membuat seni pahat ini, biasanya yang digunakan adalah kayu atau bisa juga batu. Di antara hasil dari jenis seni pahat ini adalah seni berupa patung serta berbagai bentuk kerajinan pahat yang lain.

Seni ukir







Image result for Seni ukir

Jenis seni rupa murni selanjutnya adalah seni ukir yang menjadi salah satu seni khas Indonesia. Seni ukir ini memiliki nuansa klasik yang sangat memukau.
Seni ini juga menggunakan bahan dasar kayu. Hampir semua daerah di kawasan Indonesia memiliki khas tersendiri dalam hal seni ukir. Misalnya saja seni ukir khas Jepara dan juga Papua yang terkenal khas.

Seni keramik










Image result for Seni keramik

Yang dimaksud dengan seni keramik merupakan salah satu jenis seni yang terbuat dari tanah kemudian dibentuk dengan bentuk yang indah lalu dilakukan pembakaran agar lebih keras dan juga lebih cantik.
Umumnya para seniman untuk jenis seni keramik ini akan menggabungkan warna dari berbagai jenis tanah untuk membuat warna yang cantik dan menarik pada hasil seninya. Namun, ada juga yang melakukan proses pewarnaan secara manual.

Seni mozaik









Image result for Seni mozaik

Selanjutnya adalah seni mozaik yang merupakan salah satu jenis seni yang menggunakan berbagai bahan mulai dari potongan kertas, kaca ataupun keramik yang disusun menjadi sebuah bentuk indah dan memberikan nilai karya seni yang tinggi.
Demikianlah uraian mengenai seni rupa murni serta berbagai hal yang berkaitan dengannya untuk dijadikan sebagai bahan rujukan dan tambahan pengetahuan Anda mengenai seni rupa. Dengan mengetahui berbagai sisi dari seni rupa murni, tentu akan semakin memperluas cakrawala pengetahuan Anda. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar